Pages

Sabtu, 19 Februari 2011

Kimia Organik


 part 1

Danced by my fingers at     19 satuday 2.55 PM in ma home



Di semester 2 ini aku bertemu dengan teman lama yang tak asing lagi dari sma… kimia

First day….

Guruku ato lebih tepat dosenku yang bernama … berkata
                “ apa itu kimia?” jawabnya adalah ilmu materi, jadi yang selain materi ga dibahas.
                “lalu apa itu materi?” jawabnya materi itu zat yang punya massa dan volume

Masuk ke pikiran……..

Dari dulu aku sempat bertanya tanya, apa kandungan dari api? Karena kolo air kan kita pada tau kolo itu h2o,  lah kolo api itu apa? Dan kenapa orang orang pintar belum ada yang membahasnya? Khususnya orang 2 kimia--kok ga nemuin, unsure dari api itu apa?
Sangat misterius .


Disamping itu kalo bicara soal api, pasti kita ingat tentang diciptakannya setan oleh Allah sang khalik dari api. Na kalau malaikat? Dari cahaya. Waktu sma pas pelajaran fisika tentang apa y? lupa. Kalo cahaya itu emm apa sih lupa namanya sebut aja itu zat lah—yang terdiri dari partikel2 kecil yg menyusunnya--klo g salah . lebih tepatnya saya ga tau. Trus, Aku cuman bisa    : o  hooooo

Kembali ke dosen……

“jadi yang selain materi itu apa misalnya?”  lah ternyata api dan cahaya—itulah energy

Subhanallah… ternyata Allah menciptakan malaikat dan setan sama2 dari energy. Jadi imbang dong kalo tau di tipi2 ato apa aja—klo missal ada org, trus dipinggirnya ada malaikat yang dibisikin yang baek2 nah sebelahnya  setan yang  bisikin jahat2 . udah g asing lagi kaaan. Tp klo diimplementasikannya ke kita sendiri jadi merasa ‘oh ya Allah…’
Balek ke  dosen
           
     “kimia organic tu apa?”

Gini ceritanya..

Awalnya dulu ilmuan2 tu ngeliat unsure2 ato atom atom. Nah ternyata unsure yang ada di makluk idup alias organisme--itu khas—hanya tertentu aja ; C, H, O dsb..(lupa),  jadi ga ada helium di manusia, atopun  uranium ( buat nuklir bisa gratis dong)! .
Maka dari itu kimia jadi di bedain antara yang organic sama  anorganic
Sehingga, kimia organic itu di sebut juga kimia karbon.
Waktu itu ilmuan2 menganggap kalo alasan kenapa kok bisa begitu  adalah karena ada sesuatu yang gaib yang memang tela diciptakannya gitu, sehingga tidak diteliti lebih lanjut.
Tapi ada seorang jerman yg ga sengaja bisa mebuat urea ( unsure ad di makluk idup) dari senyawa ammoniak ( unsure anorganik) yang ia distilasi opo di bakar lali aku. Intinya senyawa organic dapat dibuat dairi senyawa anorganik. Tentu saja  ini mengguncangkan para ahli kimia waktu itu!

Sehingga kimia organic di redefinisi

jadi, kimia organic itu bukan hanya zat yang hanya terdapat ato dihasilkan dari organism aja tapi anorganik juga bisa. Sehingga… kimia organic sekarang berubah definisi bukan hanya zat yg dihasilkan dari makluk idup melainkan menjadi  senyawa yang mengandung unsure C atau rantai karbon.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar